Sekolah Dasar di Atas Awan, Ingin tahu?


Sejauh mata memandang kita akan dapat menyaksikan keelokan alam Desa Argosari, Kecamatan Senduro Kabupaten Lumajang. Bagai lukisan yang sangat indah nan mempesona yang diciptakan oleh Allah Swt,Tuhan Yang maha kuasa. Desa Argosari yang wilayahnya berbatasan langsung dengan wilayah Kabupaten Probolinggo memang masuk dalam kawasan TNBTS (TAMAN NASIONAL BROMO TENGGER SEMERU ) yang sudah menjadi Destinasi Internasional.

Hampir lima tahun belakangan ini, Desa Argosari menjadi pembicaraan banyak orang hingga berskala nasional dengan ditetapkannya B 29 menjadi Destinasi Wisata Nasional dengan sebutan NEGERI DI ATAS AWAN. Hampir tiap hari wisatawan banyak berdatangan dari pelosok negeri ini untuk berburu menikmati keindahan SUNRISE & SUNSET dari puncak B 29.

Pemerintah kabupaten Lumajangpun menyiapkan segala fasilitas pendukung, mulai dari infrastruktur jalan hingga REST AREA serta fasilitas umum yang lain demi kenyamanan para wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata B 29. Karena dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung ke obyek wisata tersebut akan meningkatkan pendapatan asli daerah utamanya bagi penduduk desa Argosari yang menjadi suku Tengger, komunitas warga suku Tengger yang mendiami kawasan TNBTS di empat kabupaten yaitu Kabupaten Probolinggo, Pasuruan, Malang dan Lumajang.

Terkait kondisi yang ada saat ini, serta banyaknya wisatawan yang berkunjung ke B 29 otomatis akan berpengaruh pada perilaku pola kehidupan masyarakat di desa Argosari. Melihat fenomena tersebut maka lembaga pendidikan harus hadir untuk merespon positip akan kondisi masyarakat yang ada, agar pengetahuan warga masyarakat bisa mengikuti arah kemajuan perkembangan saat ini. Maka Santoso S.Pd selaku kepala sekolah SDN Argosari 01 berinovasi serta berupaya memberikan bekal tambahan kepada murid-muridnya di luar mata pelajaran akademik yakni mendapatkan pelajaran tambahan pengetahuan kepariwisataan utamanya SAPTA PESONA WISATA yang bertujuan nantinya sejak usia sekolah dasar sudah mendapat pengetahuan tentang kepariwisataan atau pada pengertian sadar dan Melek Wisata. Tidak dapat dinafikan bila sapta pesona wisata adalah modal dasar yang utama bagi kesinambungan ramainya wisatawan yang menuju ke B 29. Sapta Pesona Wisata, di antaranya mencakup: Sejuk,Aman,Bersih,Ramah Tamah Serta Kenangan.


Guna mewujudkan Kiat UPT SDN Agosari menjadi DEWITA (SD Wisata) tentunya harus banyak menjalin kerjasama dengan beberapa pihak yang terkait. Untuk itu lanjut Santosa S.Pd dengan seijin Bpk Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lumajang melakukan kerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang agar dapatnya memberikan pelajaran tambahan kepada siswa siswi SDN Argosari 01 tentang materi pengetahuan kepariwisataan.

Alhamdulillah pada akhir januari 2019 awal kerjasama tersebut pertama kali dilaksanakan dengan menghadirkan CACAK & YUK lumajang yang didampingi ibu Heni Kasi Ekonomi Kreatif pada Dinas Pariwisata & Kebudayaan Lumajang sekitar 20 personil. Pada awal pembelajaran murid-murid sangat senang sekali berinteraksi dengan CACAK & YUK Lumajang (Duta-duta wisata ) mereka diajak belajar dan bermain terkait materi kepariwisataan,bermain Game tentang obyek-obyek wisata andalan kota Lumajang, outbound hingga tata cara berbicara dan bergaul dengan adap yang sopan serta santun.

Ingin tahu cerita selanjutnya nikmati di Majalah Suara PGRI edisi 109 April 2019

daftar gambar 1
https://wisataid.com/puncak-b29-sensasi-wisata-negeri-di-atas-awan/


2 Responses to "Sekolah Dasar di Atas Awan, Ingin tahu?"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel