Kejutan dari Pustekkom untuk Guru Lumajang


Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekkom) adalah lembaga yang ada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia, pada tanggal 8 Juli 2019 pihak Pustekkom memberikan undangan kepada guru-guru dari berbagai daerah di Indonesia, untuk mengikuti kegiatan Workshop Pengembangan Prototype Multimedia Pembelajaran yang dilaksanakan mulai tanggal 11 s.d 13 Juli 2019, bertempat di Golden Boutique Hotel Jakarta Selatan. Bagi kami sebagai salah satu peserta yang terpanggil untuk menghadiri kegiatan tersebut merasa sangat senang, karena kegiatan seperti ini sangat jarang diadakan dan istimewanya semua peserta mendapat fasilitas yang sangat memuaskan dari Pustekkom.
Guru-guru yang terpanggil untuk mengikuti Workshop Pengembangan Prototype Multimedia Pembelajaran adalah guru-guru yang pernah menjadi pemenang dalam Lomba Membuat Bahan Ajar Berbasis TIK (MembaTIK) di tahun 2018, yang berjumlah kurang lebih 30 orang guru. Sebelum mendapat undangan tersebut, guru-guru yang pernah menjadi pemenang tersebut diminta untuk membuat tiga konten pembelajaran interaktif yang nantinya akan diunggah di portal Rumah Belajar, sebelum media diunggah dalam portal Rumah Belajar ada beberapa tahapan yang harus dilalui, pertama ada tahap diskusi dimulai tanggal 20 Mei s.d 30 Juni 2019, pada tahap diskusi dilakukan secara daring melalui grup Whatsapp dengan pihak panitia, pengkaji, dan peserta.
Selanjutnya tahap kedua media yang sudah dibuat diunggah pada tautan yang sudah dibuat oleh panitia dan nantinya akan dikaji oleh para pengkaji media, tahap ketiga peserta diundang pihak Pustekkom untuk hadir dalam Workshop Pengembangan Prototype Multimedia Pembelajaran untuk bertemu langsung antara peserta dan pengkaji media, di sini adalah salah satu kegiatan yang sangat penting karena seperti seorang murid yang bisa bertemu langsung dengan gurunya, bisa menimba ilmu dari guru atau  ahlinya. Bertemu dengan teman-teman guru hebat dalam bidang IT sangat menyenangkan bisa menimba ilmu juga dari mereka, untuk kami dalam kegiatan tersebut banyak sekali saran dan masukan dari pengkaji media, dengan banyaknya saran dan masukan kami cukup senang karena merupakan sebuah pembelajaran yang berharga supaya belajar lebih giat lagi, meskipun dengan tertatih-tatih untuk belajar dalam dunia per IT an, he…he…
Pada tahap ketiga atau dalam Workshop Pengembangan Prototype Multimedia Pembelajaran, peserta juga diajak berkunjung ke Gedung Pustekkom di sana peserta diajarkan bagaimana cara membuat video dalam studio film yang dimiliki oleh Pustekkom, dengan jumlah peserta yang ada kemudian dibagi menjadi enam kelompok, setiap kelompok diminta untuk menghasilkan sebuah video pembelajaran dengan menggunakan perangkat canggih yang dimiliki Pustekkom, dalam pembuatan video ini kami mendapat tugas sebagai aktornya, wkwkwk. Dalam proses pembuatan video kami banyak belajar, banyak menerima ilmu baru, dan pastinya ketika di depan camera untuk akting ternyata tidak mudah seperti yang dibayangkan.
Kegiatan di Gedung Pustekkom dimulai dari pagi hingga sore hari, dalam kegiatan tersebut ada pengarahan dari Kepala Pustekkom Bapak Gogot Suharwoto, Ph.D, beliau sangat akrab sekali dengan peserta bahkan mendatangi para peserta di salah satu ruang tempat makan peserta, untuk menyampaikan pesannya. Salah satu pesan beliau yang bisa kami tangkap adalah masih lemahnya literasi digital di Indonesia, yang mudah sekali menyebarkan berita palsu atau hoax, di zaman yang seperti ini berita mudah sekali dan sangat cepat tersebar, untuk itu dihimbau klarifikasi terlebih dulu, juga harus dipikir terlebih dulu sebelum berbagi atau dalam bahasa Lumajangan dikenal dengan istilah Think before you share.
Tahap selanjutnya yaitu mengunggah konten pada portal Rumah Belajar, tapi bagi media yang sudah direvisi atau dinyatakan lolos. Pada tahun 2019 ini juga diadakan Lomba Membuat Bahan Ajar Berbasis TIK (MembaTIK). Bagi guru, siswa atau siapa saja yang berkeinginan untuk ikut, diberikan kesempatan yang seluas-luasnya oleh Pustekkom, lebih jelasnya bisa dilihat melalui https://membatik.kemdikbud.go.id/, ini merupakan kesempatan yang baik untuk kita terus belajar, berkarya, dan berprestasi. Kami ucapkan banyak terima kasih kepada Pustekkom dan jajarannya, yang telah mengadakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi kami, menambah wawasan baru, menambah saudara, memberikan wadah untuk menimba dan mengamalkan ilmu, wassalam. (Mochammad Al Imron)

Tulisan ini dimuat di MSP Edisi Agustus 2019

0 Response to "Kejutan dari Pustekkom untuk Guru Lumajang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel