Penyuluhan Bahasa Indonesia Media Luar Ruang


“Hati-hati dengan pilihan kata yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Kata-kata itu akan menjadi kenyataan dalam kehidupan kita nantinya”
Prof. Dr. Wahyudi Siswanto, M.Pd.

Bertempat di SMPN 1 Sukondono tanggal 8 s.d. 10 Oktober 2019 Balai Bahasa Propinsi Jawa Timur mengadakan Penyuluhan Bahasa Indonesia bagi guru Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Dikdas se-Kabupaten Lumajang. Hal ini berlatar belakang dari penggunaan bahasa asing yang sudah menjamur di berbagai media terutama media luar ruang. Penyuluhan ini terkesan begitu menarik dan berbobot karena pematerinya professor  dan tim ahli dari Balai Bahasa  Jawa Timur.

Dalam perkembangan kehidupan masyarakat Indonesia telah terjadi berbagai perubahan, terutama yang berkaitan dengan tatanan baru kehidupan dunia dan perkembangan ilmu pengetahuan serta teknologi, khususnya teknologi informasi yang semakin sarat dengan tuntutan dan tantangan globalisasi. Kondisi itu telah menempatkan bahasa asing, terutama bahasa Inggris, pada posisi strategis yang memungkinkan bahasa itu memasuki berbagai sendi kehidupan bangsa dan memengaruhi perkembangan bahasa Indonesia. Kondisi itu telah membawa perubahan perilaku masyarakat Indonesia dalam bertindak dan berbahasa.

            Oleh karena itu, kegiatan pemartabatan bahasa Negara di Ruang Publik dan Media Luar Ruang sangat perlu dilakukan dengan cara mengadakan kegiatan Penyuluhan Bahasa Indonesia Media Luar Ruang di Kabupaten Lumajang.
Kegiatan ini bertujuan (1) meningkatkan sikap positif masyarakat terhadap bahasa Indonesia, (2) meningkatkan mutu penggunaan bahasa Indonesia sebagai media pemantapan persatuan dan kesatuan bangsa, dan (3) mengutamakan penggunaan bahasa Indonesia demi memartabatkan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional dan bahasa negara.
Sasaran kegiatan “Penyuluhan Bahasa Indonesia Media Luar Ruang di Kabupaten Lumajang” adalah 50 orang  di lingkungan dinas (OPD) Kabupaten Lumajang.
Materi yang diberikan pada kegiatan “Penyuluhan Bahasa Indonesia Media Luar Ruang di Kabupaten Lumajang”sebagai berikut.
a. Kebijakan BBJT dalam Penggunaan Bahasa di Media Luar Ruang;
b. Ejaan dan Peristilahan dalam Media Luar Ruang;
c. Bentuk dan Pilihan Kata dalam Media Luar Ruang;
d. Kalimat dan Paragraf dalam Media Luar Ruang;
e. Praktik Menulis di Media Luar Ruang

Narasumber kegiatan “Penyuluhan Bahasa Indonesia Media Luar Ruang di Kabupaten Lumajang” adalah
1.      Drs. Amir Mahmud, M.Pd.. (Peneliti Balai Bahasa Jawa Timur)
2.      Prof. Dr. Wahyudi Siswanto, M.Pd. ( Dosen UM)
3.      Prof. Dr. Suyatno, M.Pd. (Guru Besar UNESA)
4.      Tri Winiasih, M.Hum. (Penyuluh BBJT)
5.      Arif Izzak, S.S. (Penyuluh BBJT)
6.      Drs. Agus Salim, M.Pd. (Kepala Dinas Pendidikan Kab. Lumajang)
Moderator:   Ngadiono, S.Pd., M.M. (Kepala Sekolah SMPN 2 Pasirian, Lumajang)

Untuk mendapatkan materi bisa klik di sini

0 Response to "Penyuluhan Bahasa Indonesia Media Luar Ruang "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel