Menyongsong Hardiknas 2020 PPDB ataukah PSBB



Kurang beberapa hari lagi, bangsa Indonesia akan memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), tepatnya tanggal 2 Mei 2020.

Kita ketahui bersama Pandemi Covid -19, melumpuhkan hampir semua program di semua kementerian, begitu juga di sektor swasta.

Tidak terkecuali di kementerian pendidikan, hampir dua bulan proses pembelajaran formal diliburkan, serta diganti dengan program belajar dirumah.
Bahkan jadwal Ujian Nasional (UN)  yang direncanakan tahun ini merupakan pelaksanaan terakhir, namun juga tidak dapat dilaksanakan karena situasi darurat penyebaran wabah Covid -19.

Bersamaan dengan itu, di bulan bulan ini  dihampir semua lembaga pendidikan baik negeri maupun swasta menjadwalkan PPDB (penerimaan peserta didik baru) tahun pelajaran 2020/2021, kata Santoso, S.Pd kepala SDN Argosari 01, kecamatan Senduro.

Dengan memperhatikan aturan protokol kesehatan Covid-19, tetap kita melaksanakan semua agenda kegiatan sekolah sesuai dengan petunjuk dari dinas pendidikan kabupaten Lumajang.

Terkait PPDB tahun ini di SD Argosari 01, menurut Santoso tidak ada masalah, dikarenakan kita telah menjalin kerjasama yang baik  dengan TK Dharma Wanita yang  ada di desa Argosari ini seratus persen masuk di SD Argosari 01.

Selanjutnya menurut Kangsan dari MP3 (masyarakat peduli pendidikan dan pariwisata), pemerintah telah berupaya semaksimal mungkin untuk mengantisipasi penyebaran Corona hingga meliburkan murid, setelah anak berada dirumah tugas pengawasan mutlak ada di orang tua masing-masing.
Artinya bila para orang tua berusaha semaksimal mematuhi aturan protokol kesehatan covid-19 pada anak-anaknya, maka hal ini akan efektif terkait program belajar dirumah.
Akan tetapi bila selama masa belajar dirumah anak dibiarkan bermain tanpa mematuhi aturan protokol kesehatan Covid-19, yang imbasnya penyebaran virus Corona terus bertambah, maka masa darurat ini akan bertambah panjang dan makin tidak menentu, lanjut kangsan.

Bahkan tidak mustahil program PPDB (penerimaan peserta didik baru) akan berubah menjadi kondisi  PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di daerah kita ini.
Harapannya, kita bersama harus bertanggung jawab untuk mematuhi serta  menjaga agar situasi darurat penyebaran Covid-19 ini segera selesai dan proses pembelajaran formal normal kembali. (kangsan MP3).

0 Response to "Menyongsong Hardiknas 2020 PPDB ataukah PSBB"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel