Siap Bantu Masyarakat Desa Nogosari Jalani Era New Normal, Mahasiswa KKN UM Berikan Buku Panduan Covid-19



Kab. Lumajang, Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Malang yang dilaksanakan dari tanggal 29 Mei hingga 7 Juli 2020 berbeda dari kegiatan KKN sebelumnya. Mengingat kondisi saat ini dimana pandemi Covid-19 yang semakin meluas, kegiatan pengabdian mahasiswa dilaksanakan melalui model dalam jaringan (daring) atau online. Berdasarkan keputusan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) Universitas Negeri Malang, dijelaskan bahwa mahasiswa tidak perlu tinggal di desa lokasi penempatan namun tetap berkarya. Sebagai bentuk karya pengabdian terhadap adanya pandemi virus Covid-19 ini, mahasiswa KKN UM yang beranggotakan 21 orang melakukan berbagai macam upaya kepedulian salah satunya dengan mengembangkan buku panduan tentang Covid-19. "Ditengah pandemi virus Covid-19, masih banyak sekali masyarakat awam yang belum paham tentang virus Covid-19, banyak masyarakat yang terkesan tidak peduli dengan adanya virus Covid-19, mulai dari kesadaran menggunakan masker, physical distancing, serta protokol kesehatan lainnya. Oleh karena itu, kami membuat buku panduan tersebut yang berisikan keterangan mengenai Covid-19 mulai dari pencegahan serta gejala-gejala yang ditimbulkan," terang Agus Syaifulloh selaku Koordinator Desa Nogosari.
Dimasa pandemi virus corona saat ini, masyarakat telah dihimbau oleh pemerintah untuk tetap mematuhi protokol kesehatan meski telah memasuki kehidupan normal baru atau new normal life guna mencegah menekan laju pertambahan penyebaran virus Covid-19. Hal ini telah ditegaskan oleh Presiden Negara Indonesia, Joko Widodo, bahwa warga negara diharapkan untuk bisa hidup bersama dengan virus Covid-19 dengan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ada agar terhindar dari virus corona. "Era New Normal bukan berarti normal yang seperti biasanya, namun normal dalam arti menjalani kehidupan dengan metode atau cara baru. Artinya kita boleh kemana-mana tapi harus menerapkan protokol kesehatan. Kalaupun berkumpul harus tetap pakai masker dan melakukan cuci tangan," tutur Sunarnik selaku Ketua PKK Desa Nogosari. "Untuk strategi menghadapi new normal lebih ditekankan pada kesadaran masyarakatnya sendiri, karena pada dasarnya di awal pandemi kita sudah melakukan sosialisasi, membagi masker, dan sudah melakukan berbagai upaya. Sekarang, kami rasa sosialisasi sudah tidak perlu, karena masyarakat jelas sudah tahu terkait bahaya wabah ini, tinggal kesadarannya yang perlu ditingkatkan," lanjutnya.

Guna mendukung kebijakan perangkat desa terkait new normal life tersebut, mahasiswa KKN UM  memberikan bantuan berupa buku panduan dengan tujuan agar dapat tersosialisasikan secara merata sehingga masyarakat dapat lebih mudah memahami terkait Covid-19 dan dapat melakukan aktivitas sesuai protokol pencegahan di era New Normal.
Buku panduan Covid-19 ini memberikan penjelasan terkait Covid-19, ciri-ciri dan karakteristik, pencegahan penyebaran Covid-19, dan penanggulangan penyebaran Covid-19. Selain memuat materi penting, buku ini dilengkapi dengan ilustrasi gambar yang menarik sehingga diharapkan seluruh masyarakat dapat memahaminya dengan mudah. "Harapan kami dengan adanya buku tersebut, pembaca bisa lebih memahami mengenai virus Covid-19, mulai dari apa itu Covid-19, bagaimana cara mencegahnya, serta apa saja gejala-gejala yang menunjukkan seseorang terinfeksi Covid-19. Materi yang disajikan mengenai Covid-19 sudah cukup detail dan mudah dipahami karena disertai gambar," tegas Agus Syaifulloh.
Buku Panduan tentang Covid-19 telah diserahkan kepada Edi Supeno selaku Kepala Desa Nogosari pada 29 Juni 2020 di Balai Desa Nogosari atas persetujuan Dosen Pembimbing Lapangan Rezka Arina Rahma.
Pemberian buku panduan tentang Covid-19 kepada Desa Nogosari ini mendapatkan respon positif dari berbagai pihak. Dengan adanya buku panduan tentang Covid-19, saya dapat mengetahui apa saja yang belum saya ketahui dan dapat mensosialisasikan kepada masyarakat sehingga masyarakat sadar serta tidak perlu diingatkan lagi," tutur Sunarnik.

penulis : 
1. Ade Benny Rusdianto
2. Rizqi Afifa Damayanti
3. Qowiyyun Dyaheksita Pradani P A

0 Response to "Siap Bantu Masyarakat Desa Nogosari Jalani Era New Normal, Mahasiswa KKN UM Berikan Buku Panduan Covid-19"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel