RODA PINTAR PLUS : Guru PGRI Cabang Gucialit Berkarya dalan Inovasi Pembelajaran


Rancangan Karya Inovasi Pembelajaran

Media ROPINPLUS merupakan sebuah media pembelajaran untuk memudahkan siswa dalam memahami materi sudut benda pada pembelajaran matematika. Media ROPINPLUS ini merupakan karya inovasi yang berbahan dasar dari kardus bekas yang dapat berputar seperti roda. Alat dan bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan media ROPINPLUS, antara lain:

1.    Kardus bekas

2.    Kertas lipat

3.    Lem tembak

4.    Gunting dan cutter

5.    Penggaris dan busur

6.    Mur baut

7.    Tusuk gigi

 

 Langkah-langkah dalam pembelajaran:

1.    Guru membentuk kelompok siswa, masing-masing kelompok diberi nama berdasarkan warna-warna yang ada pada media ROPINPLUS.

2.    Guru menjelaskan materi sudut benda menggunakan media ROPINPLUS.

3.    Guru memutar ROPINPLUS dan berhenti pada salah satu warna, warna kelompok yang ditunjuk oleh ROPINPLUS wajib maju kedepan kelas.

4.    Kelompok yang maju memainkan ROPINPLUS, apabila berhenti pada salah satu warna, kelompok tersebut harus mengambil kartu soal dengan warna yang sama.

5.    Kelompok berdiskusi menjawab kartu soal, dilanjutkan dengan menjelaskan hasil diskusi didepan kelas. Kelompok lain menanggapi kelompok yang maju.  Kelompok yang salah menjawab kartu soal mendapatkan hukuman sederhana seperti bernyanyi didepan kelas.

6.    Permainan digantikan oleh kelompok lain.

7.    Terakhir guru memberi penguatan mengenai materi sudah diajarkan.

 

Kelebihan media roda pintar adalah sifatnya konkrit, mudah digunakan, siswa lebih tertarik karena menggunakan berbagai variasi warna, dterdapat unsur permainan sehingga siswa merasa belajar sambil bermain. Sedangkan kelemahan media roda pintar adalah proses pembuatannya rumit, dalam penggunaan masih diputar secara manual.



lebih banyak lihat di edisi MAJALAH SUARA PGRI edisi September dan November 2020 ya ..... >>>

0 Response to "RODA PINTAR PLUS : Guru PGRI Cabang Gucialit Berkarya dalan Inovasi Pembelajaran"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel