Juara 2 Video Pembelajaran Tingkat SMA/K ternyata ahli Puisi dan Lancar “English”


Salam Hebat Guru Indonesia. Saya, Diyan Fakih, yang kerap dipanggil Mrs. Diyan. Seorang guru mata pelajaran Bahasa Inggris dan Produktif Pariwisata di SMK Negeri Senduro. Selain mengajar, saya juga memiliki kesibukan menulis buku,  bisnis online dan editing video .

"Tulisan ini dimuat juga di Majalah Suara PGRI Edisi Juni 2021"

Saya lahir di Lumajang, 19 September 1988. Kini saya berusia 32 tahun. Sejak kecil saya sudah tertarik pada hal yang menantang. Saat duduk di bangku Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama, saya aktif di kegiatan olahraga dan pernah menjuarai lomba lari tingkat kabupaten. Ketika duduk dibangku SMA, saya tidak bosan-bosannya mengikuti berbagai kegiatan ekstrakurikuler seperti pembibitan, komputer, pramuka dan remaja mushola. Dengan mengikuti kegiatan- kegiatan ini, saya belajar untuk mandiri dan kreatif .


Lulus dari SMA, saya melanjutkan pendidikan di Program Studi Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jember. Dengan memperoleh gelar sarjana dari fakultas keguruan, saya berharap dapat membanggakan kedua orang tua yang berkeinginan putrinya menjadi seorang guru.

Kini, saya telah mengabdikan diri sebagai seorang guru sekaligus pokja kesiswaan di SMK Negeri Senduro. Disela-sela kesibukan yang begitu padat, saya terus mengasah kemampuan saya dalam menulis baik artikel, puisi, maupun cerita pendek. Beberapa karya saya diantaranya “Antologi Puisi Suka dan Duka Di Kelas Maya”, “Antologi Puisi Sepercik Ungkapan Pujangga Semeru”, “Kumpulan Dongeng Islami Dalam Bahasa Inggris” dan “ Antologi Cerpen 30 hari Goresan Pena”, telah diterbitkan pada tahun 2020 dan tahun 2021 di beberapa media, seperti penerbit Guepedia dan Multimedia Edukasi.


Tidak hanya itu, hobby traveling dan hiking yang kian melekat dalam diri saya, memotivasi saya untuk terus membuat dan mengedit video tentang destinasi wisata yang dikunjungi. Hal ini yang mendorong saya mengikuti beberapa ajang lomba penulisan puisi dan cerpen serta lomba video di sosial media, termasuk lomba video pembelajaran yang diselenggarakan oleh PGRI Kabupaten Lumajang tahun 2021. Ajang lomba ini menggerakkan semangat saya untuk berkompetisi dengan menghasilkan karya-karya baru dalam dunia pendidikan.

Dalam ajang lomba video ini, saya mengambil tema “ Procedure Text” materi Bahasa Inggris kelas XI Sekolah Menengah Kejuruan. Materi ini dikemas simple dan menarik dengan menggunakan video green screen dan aplikasi Power Point serta aplikasi Kinemaster yang kemudian diunggah di Youtube.

Video ini diharapkan mampu meningkatkan minat belajar peserta didik dan mampu menjawab permasalahan pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 serta menjadi inspirasi dan movitasi untuk bapak/ibu pendidik yang lain untuk terus berkarya dan berinovasi di dunia pendidikan.

Penghargaan yang saya dapat sebagai juara II lomba video pembelajaran yang diselenggarakan oleh PGRI Kabupaten Lumajang tahun 2021 merupakan anugerah yang luar biasa. Keberhasilan saya ini tidak lepas dari dukungan keluarga, rekan kerja dan keluarga besar PGRI Kabupaten Lumajang.



0 Response to "Juara 2 Video Pembelajaran Tingkat SMA/K ternyata ahli Puisi dan Lancar “English”"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel