Penyerahan Siswa Kelas 6 Tahun Pelajaran 2020/2021 Ke Orang Tua Wali Murid Ala SDN Kabuaran Kunir Lumajang

Rabu, 16 Juni 2021 bertempat di ruang sketsel kelas V dan VI, di  SDN Kabuaran telah dilaksanakan Penyerahan Kembali Siswa-siswi kelas VI Tahun Pelajaran 2020-2021 yang bertemakan “Merajut Asa Menuju Cita Sebagai Generasi Cerdas Berbudaya.”  Menyesuaikan  suasana pandemik, acara dikemas dengan seminimalis mungkin namun berharap acara itu bisa dikenang oleh Alumni TP.2020-2021 dan membekas di ingatan mereka.

       Sebagai Petugas MC  di acara tersebut adalah Guru Pendidikan Agama Islam Ustadzah Ni’matu Zuhro, mengawali acara pembukaan yang dilanjut pembacaan ayat suci Alquran dan terjremahannya oleh  kelas IV, menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya yang dipimpin oleh B. Guru SBDP B.Lilin Ahadianita,S.Pd.SD. Acara dilanjut Laporan Panitia yaitu Wali Kelas VI P.Sutrisno, S,Pd.SD mengawali laporannya beliau menyampaikan kegiata KBM kelas VI selama masa pandemik yang kurang begitu maksimal karena pelaksanaannya melalui KBM Program Sinau Bareng (PSB) yang dilaksanakan selama 4 hari Senin-Kamis, dan untuk hari Jumat Sabtu pelaksanaannya melalui Daring. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan dari Paguyuban Kelas VI, selama pelaksanan KBM mulai Semester Ganjil, Semster Genap, Pelaksanaan Penilaian Akhir Tahun (PAT) sampai Pelaksanaan Ujian Sekolah (US) bisa mendampingi dan memotivasi Putra-putrinya dalam berlajar, dalam mengakhiri sambutannya selaku Wali Kelas VI menyampaikan permohonan maaf jika yang dilakukannya kurang maksimal.  


       Acara selanjutnya adalah Sambutan Kepala Sekolah SDN Kabuaran Bapak Jupri, S.Pd.M.Pd, mengawali sabutannya, beliau menyampaikan selamat datang dan terima kasih kepada tamu undangan, diantaranya Kepala Desa Kabuaran Ibu Hj.Sulastini, Komite Sekolah Ustad Riga Irawan, Ketua Paguyuban Sekolah Ibu Ika Sari, Bapak Ibu Guru dan Tenaga Kependidikan SDN Kabuaran, Bapak Ibu Wali Murid Kelas VI, dalam sambutannya beliau mengajak semua hadirin tidak henti-hentinya untuk bersyukur atas kelancaran KBM Pandemik mulai dari kegiatan Semester, kegiatan Penilaian Akhir Tahun sampai kegiatan Ujian Sekolah bisa terlaksana dengan baik dibanding tahun sebelumnya tidak bisa melaksanakan. Selain itu beliau menyampaikan kepada Wali Murid Kelas VI, walaupun nantinya Putra-Putinya sudah diserahkan kembali namun, masih ada kegiatan yang lebih signifikan sebagai akhir di Kelas VI, yaitu kegiatan yang berkaitan dengan Ijazah yang harus cap 3 jari dll, untuk itu perlu koordinasi yang baik, jangan sampai Bapak Ibu Wali Murid Kelas VI keluar dari Group WA Kelas VI karena jika ada informasi yang berkaitan dengan Ijazah bisa langsung ditindaklanjuti. Mengakhiri sambutannya beliau menyampaikan kepada Wali Murid Kelas VI untuk tetap dan selalu mengawal Putra-putrinya di jenjang pendidikan berikutnya agar apa yang dicita-citakan Putra-putrinya nanti bisa tercapai.

 

       Pada Sambutan berikutanya disampaikan Komite Sekolah Ustad Riga Irawan, dalam sambutannya beliau menggaris bawahi yang sudah  disampaikan Guru Kelas VI dan Kepala Sekolah sebelumnya, beliau sangat berapreasiasi dengan kemajuan lembaga dalam 3 tahun ini, dan berharap bisa mempertahankan prestasi yang sudah diraih dan bisa selangkah lebih maju di tahun-tahun berikutnya dengan tetap memperhatikan kerjasama dengan Paguyuban Kelas, Paguyuban Sekolah dan Komite Sekolah. Selamat untuk Siswa-siswi Kelas VI yang telah menyelesaikan serangkaian kegiatan sekolah selama 6 tahun dan selamat menempuh pendidikan berikutnya kata beliau dalam mengakhiri sambutannya.

       Kepala Desa Kabuaran Ibu Hj. Sulastini pada sambutan berikutnya, dalam sambutannya beliau titip 3 pesan yaitu Pertama kepada lembaga untuk mempertahankan prestasi yang sudah di raih selama ini, dan bisa memaksimalkan di tahun-tahun mendatang, atas nama Desa Kabuaran siap diajak kerja sama untuk kemajuan lembaga. Kedua kepada Wali Murid agar ikut serta dalam kesuksesan Pendidikan Dasar 9 tahun menuju 12 tahun, jadi setidak-tidaknya Siswa-siswi yang lulus SD tahun ini bisa melanjutkan sekolah sampai lulus SMA atau SMK nantinya. Pesan terakhir dalam sambutan beliau adalah agar Kita semua bisa menjadi orang pertama dan bisa menyampaikan ke orang lain agar bisa menggunakan media sosial dengan sebaik mungkin agar tidak terjadi berita-berita HOAX yang beredar yang bisa merugikan Desa yang akhirnya merugikan Negara.Terima Kasih kepada SDN Kabuaran yang sudah mengundang di acara pelepasan ini, kata beliau mengakhiri sambutannya. Kemudian dilanjut Penyerahan Bantuan alat-alat Prokes ke Kepala Sekolah.

        

       Sambutan terakhir disampaikan oleh perwakilan dari wakil Wali Murid Kelas VI B.Roifah, beliau menyampaikan ucapan terima kasih tak terhingga kepada pihak sekolah yang telah mendidik Putra-putrinya selama 6 tahun, dan permohonan maaf yang sebesar-besarnya jika selama itu anak-anak membuat Bapak Ibu Guru penuh penuh perjuangan dalam mengantar anak-anak sampai lulus, dan berharap doa dari Bapak Ibu Guru untuk Alumni dalam mencapai apa yang dicita-citakan oleh Anak-anak, kata beliau di akhir sambutannya.


        Acara dilanjut dengan Persembahan lagu Terima Kasih Guruku, Puisi Guruku dan Lagu Hymne Guru oleh Paduan Suara dari kelas IV dan V, saat lagu pertama dilantuntan “Applause” dari hadirin terus diberikan menambah suasana menjadi meriah. Seusai acara persembahan lagu, tibalah saatnya acara Penyerahan Siswa ke Orang Tua Siswa, 3 Siswa yang ditunjuk sebagai perwakilan maju ke depan yang didampingi oleh Orang Tua,  posisi berderet Kepala Sekolah yang sudah siap di depan 3 Siswa dan  orang Tua Siswa mulai melepaskan Atribut Sekolah yaitu dimulai dari dasi, topi mulai dari Siswa ke-1 sampai ke-3 setelah selesai diikuti semua Siswa lainnya yang dilepas Atribut Sekolahnya oleh Orang Tua mereka masing-masing. Kemudian dilanjut kata-kata pelepasan oleh Kepala Sekolah. 

   

            Setelah Kepala Sekolah menyampaikan kata-kata penyerahan, tibalah saat acara yang merupakan acara yang dikemas khusus agar Siwa-siswi yang lulus saat ini, selalu ingat dan selalu berbakti kepada kedua orang tua mereka yang terutama kepada Ibu yang sudah melahirkannya yaitu acara sungkeman, dengan dipandu oleh puisi yang diringi musik instrumental tentang keberadaan Orang Tua yang dibacakan oleh Guru Kelas I B.Yeny Wahyuningtyas, S.Pd.SD dengan suara khasnya yang mendayu dayu membuat suasana menjadi haru dan hening seketika yang akhirnya tidak bisa membendung air mata Orang Tua Siswa, Bapak Ibu Guru bahkan Tamu undangan lainnya. Sekitar 15 menit Anak-anak sungkeman ke Orang Tua mereka, 5 menit sebelum Anak-anak sungkem disambung dengan puisi berikutnya yang dibacakan Guru Kelas V, B.Yusi Melyawati,S.Pd puisi ini isinya selaku Guru sebagai Orang Tua Siswa di sekolah yang sudah berakhir hari itu dan hari itu pula tugas dan tanggung jawabnya diserahkan kembali sepenuhnya ke Orang Tua Siswa, suasana tetap hening dan haru sampai berakhirnya puisi dibacakan.       

 

       Acara dilanjut dengan Pemberian Penghargaan kepada 3 Siswa yang memperoleh Nilai Kelulusan Tertinggi yaitu : 1. Anada Icha Putri Lestari dengan nilai : 83.44   2. Ananda Dini Puan Maharani dengan nilai: 81.44 dan 3. Ananda Reihan Febri Cahyono dengan nilai 81.44. Setelah itu dilanjutkan pemberian Surat keterangan Kelulusan ke semua Siswa-Siswi yang disampaikan oleh Bapak Sutrisno, S.Pd.SD selaku Guru Kelas VI.   

              

        Alhamdulillah acara berlangsung lancar, khitmat dan kondusif, acar ditutup dengan Doa yang dipimpin oleh Tenaga Kependidikan ( Penjaga sekaligus Pengajar TPQ SDN Kabuaran Ustad Supatno). Sebelum acara ramah tamah diawali dengan Pemotongan Tumpeng Oleh Kepala Sekolah SDN Kabuaran, dilanjut acara Makan Siang (Maksi) bersama . Alhamdulillah... Barakallah ...

Luar Biasa ... Allahuakbar Yes Sukses !!!

0 Response to "Penyerahan Siswa Kelas 6 Tahun Pelajaran 2020/2021 Ke Orang Tua Wali Murid Ala SDN Kabuaran Kunir Lumajang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel